Rabu, 16 September 2015

PGSD Siap Beraksi...!!


Keunggulan dan Perkembangan Jurusan PGSD

Informasi Umum
Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),didirikan  pada tahun 2007 Berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas No: 1928/D/T/2007 . Program studi ini mempunyai visi menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan calon guru SD yang beretika dan mempunyai nilai- nilai moral, menguasi sains dan teknologi serta mengembangan inovasi  pendidikan.

Program PGSD jenjang sarjana (SI) hadir sebagai upaya untuk merespon (1) tuntutan masyarakat akan adanya peningkatan kualitas akademik tenaga pendidik dan (2) amanat undang-undang No.14 th 2005 tentang guru dan Dosen.

Penyelenggaraan pembelajaran Program Studi  PGSD di Universitas Muhammadiyah Malang, didukung oleh para Dosen yang berpengalaman dan berpendidikan S2 dan S3 baik dari dalam maupun luar negeri. Disamping itu, dalam rangka mencetak lulusan yang professional telah disiapkan berbagai fasilitas pendukung yang berupa Laboraorium Microteaching , Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Drama, Ruang Pembelajaran Multimedia. Program studi juga memfasilitasi laboratorium outdoor untuk praktek kerja mahasiswa dengan menjalin kerjasama dengan Pusat Studi Kependudukan dan Lingkungan (PSLK) dan Bimbingan Konseling (BK). Kegiatan intra maupun ekstrakurikuler mahasiswa ( antara lain Pramuka, KSR, Kesenian, Fotografi, Pecinta Alam, Paduan Suara, IMM, HMJ) diwadahi dalam  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berpusat di Student Center (SC) universitas. Mahasiswa baru dibekali dengan kegiatan Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK), dilanjutkan program pelatihan Aplikasi Internet. Untuk menghasilkan lulusan PGSD yang qualified dan mampu berkomunikasi secara internasional, maka mahasiswa  diwajibkan menempuh ESP (English for Specific Purpose) selama  1 tahun. Dengan fasilitas – fasilitas yang diberikan secara optimal diharapkan dapat mengantar lulusan PGSD menjadi tenaga pendidik yang sesuai dengan  visi dan misi PGSD yaitu, menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten pada : 1).Etika dan nilai-nilai moral 2). Sains dan teknologi, serta 3). Inovasi Pendidikan 4) Unggul dan kompetitif secara nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan SD, Professional dalam melakukan pembelajaran di sekolah, mengabdikan profesinya berdasarkan etika dan nilai-nilai moral 5).Mewujudkan diri sebagai program studi yang memiliki iklim akademik kondusif dan dinamis yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya, social, religius, dan memiliki sistem pengelolaan yang efektif dan efisien dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Website: pgsd.umm.ac.id

Visi dan Misi
Visi :
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai visi menjadi progam studi unggul dalam menghasilkan calon guru SD yang berdasarkan ada (1) etika dan nilai-nilai moral, (2) sains dan teknologi, serta (3) inovasi pendidikan.

Misi :
1)    Menghasilkan calon guru SD yang
a.    unggul dan kompetitif secara nasional maupu internasional dalam bidang pendidikan SD
b.    profesional dalam melakukan pembelajaran di sekolah
c.    mempunyai sikap antisipatif, responsive, dan kreatif dalam melakukan pembaharuan pendidikan di sekolah
d.    mengabdikan profesinya berdasarkan etika dan nilai-nilai moral
2)    Mewujudkan diri sebagai program studi yang memiliki iklim akademik kondusif dan dinamis yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya, sosial, religius, dan memiliki sistem pengelolaan yang efektif dan efisien dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Kompetensi
1.      Memiliki kesadaran dan berperilaku sebagai warga negara berpendidikan tinggi yang agamis, demokratis dan cerdas
2.      Menguasai disiplin ilmu yang berkaitan dengan substansi dan metodologi dasar keilmuan lima bidang studi di SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn)
3.      Mampu mengelola pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan dan kemaslahatan peserta didik
4.      Menguasai konsep-konsep ilmu pendidikan terutama yang berkaitan dengan pendidikan di SD
5.      Mampu menemukan dan memecahkan permasalahan pendidikan serta meningkatkan penyelenggaraan pendidikan pada tingkat SD
6.      Mampu mengapresiasi IPTEKS sehingga mampu berpikir dan bertindak sebagai sarjana pendidikan guru sekolah dasar
7.      Kemampuan memahami perbedaan individual, baik segi kognitif, dan emosional terhadap perkembangan peserta didik
8.      Penguasaan strategi pembelajaran secara lebih rinci dan utuh yang mengacu pada pembentukan pemahaman sikap, nilai serta keterampilan
9.      Kemampuan berprakarsa dan bertanggung jawab menjajagi berbagai cara perolehan informasi untuk mengembangkan-mutakhirkan kemampuan secara mandiri, termasuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology/ICT) dalam konteks pembelajaran

http://kuliah-fkip.umm.ac.id




Tidak ada komentar:

Posting Komentar