Keunggulan dan Perkembangan Jurusan PGSD
Informasi
Umum
Program
studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),didirikan pada tahun 2007
Berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas No: 1928/D/T/2007 . Program studi ini
mempunyai visi menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan calon guru
SD yang beretika dan mempunyai nilai- nilai moral, menguasi sains dan teknologi
serta mengembangan inovasi pendidikan.
Program
PGSD jenjang sarjana (SI) hadir sebagai upaya untuk merespon (1) tuntutan
masyarakat akan adanya peningkatan kualitas akademik tenaga pendidik dan (2)
amanat undang-undang No.14 th 2005 tentang guru dan Dosen.
Penyelenggaraan
pembelajaran Program Studi PGSD di Universitas Muhammadiyah Malang,
didukung oleh para Dosen yang berpengalaman dan berpendidikan S2 dan S3 baik
dari dalam maupun luar negeri. Disamping itu, dalam rangka mencetak lulusan
yang professional telah disiapkan berbagai fasilitas pendukung yang berupa
Laboraorium Microteaching , Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium
Drama, Ruang Pembelajaran Multimedia. Program studi juga memfasilitasi
laboratorium outdoor untuk praktek kerja mahasiswa dengan menjalin kerjasama
dengan Pusat Studi Kependudukan dan Lingkungan (PSLK) dan Bimbingan Konseling
(BK). Kegiatan intra maupun ekstrakurikuler mahasiswa ( antara lain Pramuka,
KSR, Kesenian, Fotografi, Pecinta Alam, Paduan Suara, IMM, HMJ) diwadahi
dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berpusat di Student Center (SC)
universitas. Mahasiswa baru dibekali dengan kegiatan Pelatihan Pengembangan
Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK), dilanjutkan program pelatihan Aplikasi
Internet. Untuk menghasilkan lulusan PGSD yang qualified dan mampu
berkomunikasi secara internasional, maka mahasiswa diwajibkan menempuh
ESP (English for Specific Purpose) selama 1 tahun. Dengan fasilitas –
fasilitas yang diberikan secara optimal diharapkan dapat mengantar lulusan PGSD
menjadi tenaga pendidik yang sesuai dengan visi dan misi PGSD yaitu,
menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten pada : 1).Etika dan nilai-nilai
moral 2). Sains dan teknologi, serta 3). Inovasi Pendidikan 4) Unggul dan
kompetitif secara nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan SD,
Professional dalam melakukan pembelajaran di sekolah, mengabdikan profesinya
berdasarkan etika dan nilai-nilai moral 5).Mewujudkan diri sebagai program
studi yang memiliki iklim akademik kondusif dan dinamis yang mendorong
pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya, social, religius, dan memiliki sistem
pengelolaan yang efektif dan efisien dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma
Perguruan Tinggi.
Visi
dan Misi
Visi
:
Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai visi menjadi progam studi
unggul dalam menghasilkan calon guru SD yang berdasarkan ada (1) etika dan
nilai-nilai moral, (2) sains dan teknologi, serta (3) inovasi pendidikan.
Misi
:
1) Menghasilkan
calon guru SD yang
a. unggul
dan kompetitif secara nasional maupu internasional dalam bidang pendidikan SD
b. profesional
dalam melakukan pembelajaran di sekolah
c. mempunyai
sikap antisipatif, responsive, dan kreatif dalam melakukan pembaharuan
pendidikan di sekolah
d. mengabdikan
profesinya berdasarkan etika dan nilai-nilai moral
2) Mewujudkan
diri sebagai program studi yang memiliki iklim akademik kondusif dan dinamis
yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya, sosial, religius, dan
memiliki sistem pengelolaan yang efektif dan efisien dalam melaksanakan
kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Kompetensi
1. Memiliki kesadaran dan
berperilaku sebagai warga negara berpendidikan tinggi yang agamis, demokratis
dan cerdas
2. Menguasai disiplin ilmu
yang berkaitan dengan substansi dan metodologi dasar keilmuan lima bidang studi
di SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn)
3. Mampu mengelola
pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan dan kemaslahatan peserta didik
4. Menguasai konsep-konsep
ilmu pendidikan terutama yang berkaitan dengan pendidikan di SD
5. Mampu menemukan dan
memecahkan permasalahan pendidikan serta meningkatkan penyelenggaraan
pendidikan pada tingkat SD
6. Mampu mengapresiasi IPTEKS
sehingga mampu berpikir dan bertindak sebagai sarjana pendidikan guru sekolah
dasar
7. Kemampuan memahami
perbedaan individual, baik segi kognitif, dan emosional terhadap perkembangan
peserta didik
8. Penguasaan strategi
pembelajaran secara lebih rinci dan utuh yang mengacu pada pembentukan
pemahaman sikap, nilai serta keterampilan
9. Kemampuan berprakarsa dan
bertanggung jawab menjajagi berbagai cara perolehan informasi untuk
mengembangkan-mutakhirkan kemampuan secara mandiri, termasuk memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication
Technology/ICT) dalam konteks pembelajaran
http://kuliah-fkip.umm.ac.id
http://kuliah-fkip.umm.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar